Transformasi Digital ASDP: Ferizy Permudah Masyarakat Reservasi Tiket Ferry Online

Selasa, 13 Agustus 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, 13 Agustus 2024 — Dalam 5 tahun terakhir, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah sukses melaksanakan transformasi digital di era kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir melalui inovasi terbesar platform tiket online, Ferizy, yang kini menjadi solusi yang memudahkan masyarakat dalam mengakses transportasi ferry di seluruh Indonesia.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyatakan bahwa transformasi digital ini telah membawa dampak besar bagi kualitas layanan penyeberangan yang dikelola ASDP. “Transformasi digital bukan hanya tentang inovasi, tetapi juga menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat. Melalui Ferizy, pengguna dapat memesan tiket dengan mudah, mengurangi antrian, dan memastikan perjalanan yang lebih efisien,” jelas Shelvy.

Platform tiket online penyeberangan Ferizy menjadi milestone transformasi perusahaan yang mengantarkan layanan ASDP ke level yang lebih tinggi. Adapun transformasi digital ASDP dapat terlaksana mulai dari tahun 2018 dan terus berkelanjutan hingga tahun ini.

ADVERTISEMENT

ads. Ukuran gambar 480px x 600px

SCROLL TO RESUME CONTENT

Keberhasilan ASDP yang menjadi salah satu inovasi utama adalah penerapan sistem ticketing online yang memudahkan penumpang dalam melakukan pemesanan tiket. Penerapan e-ticketing yang telah berjalan 100 persen di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk serta Ajibata dan Ambarita membantu mengurangi antrean kendaraan di pelabuhan, sehingga meningkatkan kenyamanan penumpang. Selain itu, ASDP juga telah mengembangkan aplikasi mobile Ferizy yang memberikan informasi lengkap mengenai jadwal penyeberangan, harga tiket, dan fasilitas yang tersedia di atas kapal.

Bahkan, Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Pelabuhan Merak pada medio 2023 mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan reservasi tiket online melalui Ferizy sebelum keberangkatan. “Saya harap semua penumpang di Merak sudah memesan tiket lewat e-ticketing. Hal ini untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan di pelabuhan,” ujarnya.

Presiden juga menekankan bahwa digitalisasi merupakan langkah strategis yang mendukung kemajuan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, dengan meningkatkan daya saing global dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa transformasi digital yang dilakukan ASDP adalah contoh sukses bagaimana BUMN dapat membawa perubahan positif yang berdampak langsung pada masyarakat. “BUMN bertugas memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dengan layanan berstandar dunia. ASDP telah berhasil memodernisasi penyeberangan laut dengan aplikasi Ferizy, menghadirkan layanan pembelian tiket elektronik yang praktis,” tutur Menteri Erick.

Sejak peluncurannya pada 2020, Ferizy telah menarik minat masyarakat dengan pertumbuhan pengguna yang pesat, dari 438.105 pengguna di tahun pertama hingga 2,38 juta pengguna pada Juli 2024. Ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kemudahan dan keamanan pemesanan tiket online.

Digitalisasi tiket melalui Ferizy kini diterapkan di 37 pelabuhan strategis di seluruh Indonesia, termasuk Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, dan banyak lagi.

“Dengan hadirnya Ferizy, ASDP tidak hanya meningkatkan pelayanan bagi wisatawan dan pelaku ekonomi kreatif, tetapi juga memudahkan mobilitas antarpulau di Indonesia. Kami terus mengingatkan masyarakat untuk memastikan reservasi tiket dan data manifest sebelum tiba di pelabuhan,” tutup Shelvy.

Berita Terkait

IKPP Tangerang dan Eka Hospital Edukasi Warga Pakulonan Soal Kesehatan Jantung
Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2025: Bank Indonesia Perkuat UMKM Sebagai Motor Penggerak Ekonomi Berkelanjutan
Optimalkan Energi Bersih, Pertamina Gelar CNG Market Day
Melesat Kencang di IATC Malaysia, Binaan Astra Honda Back To Back Podium
Responsif Terima Aspirasi GSJT dan Gapiber, ASDP Pastikan Layanan Pelabuhan Berjalan Normal dan Terus Perkuat Sinergi Penyeberangan Ketapang–Gilimanuk
KA Makassar–Parepare Layani Lebih dari 410 Ribu Pelanggan, Jadi Andalan Mobilitas dan Wisata di Sulawesi Selatan
Wuling Catatkan 2.395 Surat Pemesanan Kendaraan dan 2 Penghargaan Dalam GIIAS 2025
Telkom Ajak Pelaku UMKM Solo Cerdas Manfaatkan AI

Berita Terkait

Jumat, 15 Agustus 2025 - 13:50 WIB

IKPP Tangerang dan Eka Hospital Edukasi Warga Pakulonan Soal Kesehatan Jantung

Kamis, 7 Agustus 2025 - 15:10 WIB

Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2025: Bank Indonesia Perkuat UMKM Sebagai Motor Penggerak Ekonomi Berkelanjutan

Kamis, 7 Agustus 2025 - 11:38 WIB

Optimalkan Energi Bersih, Pertamina Gelar CNG Market Day

Rabu, 6 Agustus 2025 - 15:51 WIB

Melesat Kencang di IATC Malaysia, Binaan Astra Honda Back To Back Podium

Rabu, 6 Agustus 2025 - 14:50 WIB

Responsif Terima Aspirasi GSJT dan Gapiber, ASDP Pastikan Layanan Pelabuhan Berjalan Normal dan Terus Perkuat Sinergi Penyeberangan Ketapang–Gilimanuk

Rabu, 6 Agustus 2025 - 14:14 WIB

KA Makassar–Parepare Layani Lebih dari 410 Ribu Pelanggan, Jadi Andalan Mobilitas dan Wisata di Sulawesi Selatan

Rabu, 6 Agustus 2025 - 10:53 WIB

Wuling Catatkan 2.395 Surat Pemesanan Kendaraan dan 2 Penghargaan Dalam GIIAS 2025

Selasa, 5 Agustus 2025 - 21:10 WIB

Telkom Ajak Pelaku UMKM Solo Cerdas Manfaatkan AI

Berita Terbaru