Laporan Salesforce: Ekspektasi Pelanggan Alami Perubahan, Tim Sales di Indonesia Hanya Menghabiskan 31% Dari Waktu Kerja untuk Berinteraksi dengan Pelanggan

Rabu, 21 Agustus 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, Indonesia – 21 Agustus 2024 – Salesforce (NYSE:CRM), pemimpin global dalam solusi CRM, hari ini merilis laporan terbaru State of Sales. Laporan ini mengungkapkan temuan-temuan menarik dari survei yang melibatkan 5.500 profesional penjualan atau yang biasa disebut sales, dari 27 negara, termasuk 200 orang di antaranya dari Indonesia.

Laporan ini mengungkapkan bagaimana tim sales menyeimbangkan penggunaan teknologi canggih sambil membangun hubungan yang tepercaya dengan pelanggan, seiring dengan upaya meraih pertumbuhan di tengah persaingan pasar yang makin ketat.

Berikut beberapa temuan menarik yang terungkap dari riset State of Sales:

  • Para tenaga penjual kesulitan memenuhi ekspektasi pelanggan. Perubahan ekspektasi pelanggan menjadi tantangan terbesar bagi tenaga penjual di seluruh dunia. Banyak dari mereka mengaku sulit mendapatkan waktu untuk dapat terhubung dengan pelanggan
    • Tim sales di Indonesia rata-rata hanya dapat menghabiskan 31% dari waktu kerja mereka dalam seminggu untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan. 
    • Sebanyak 55% profesional penjualan atau sales di Indonesia mengungkapkan bahwa tantangan akibat perubahan ekspektasi pelanggan tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Hanya 15% yang merasa tantangan tahun ini lebih mudah dihadapi daripada tahun lalu.
  • Penerapan AI Meningkat Pesat. Namun Masih Ada Isu Kepercayaan dan Kesenjangan Data. Penggunaan AI untuk mendukung penjualan semakin meningkat seiring dengan upaya tim penjualan dalam meningkatkan produktivitas dan personalisasi. Namun, kekhawatiran tentang integrasi, keamanan, dan ketidakpercayaan pelanggan, menunjukkan bahwa potensi maksimal dari teknologi AI dalam mendukung kinerja sales masih belum sepenuhnya tercapai.
    • Sebanyak 81% tim sales di Indonesia sudah sepenuhnya menerapkan atau sedang bereksperimen dengan AI. Sementara itu, 16% lainnya mengaku masih dalam tahap mengevaluasi teknologi ini.
    • Para sales mengungkapkan bahwa manfaat utama AI adalah membantu mereka lebih memahami kebutuhan pelanggan
    • Data yang kurang akurat menghambat kinerja para profesional penjualan, karena hanya 39% dari profesional penjualan di Indonesia yang mempercayai keakuratan data mereka.
      • Para tenaga penjual profesional menyatakan bahwa proses penjualan utama yang terhambat akibat ketersediaan data yang tidak akurat, meliputi kemampuan membuat proyeksi penjualan yang akurat (47%), manajemen kinerja (45%), dan manajemen kompensasi (39%).
    • Kendala utama yang dihadapi tim sales di Indonesia saat mengimplementasikan AI adalah masalah keamanan data.
  • Retensi Karyawan Meningkat Secara Global. Seiring dengan pengetatan pasar tenaga kerja, sebagian besar karyawan penjualan tetap bertahan. Secara global, tim melaporkan rata-rata pergantian karyawan sebesar 18% selama 12 bulan terakhir – turun dari 25% pada tahun 2022. Namun, tren retensi karyawan berbeda-beda di setiap wilayah.
    • Perkiraan rata rata tingkat pergantian staf di Indonesia selama satu tahun terakhir adalah sebesar 20%.
    • Sebanyak 1% tenaga penjual di Indonesia saat ini sedang mempertimbangkan untuk berpindah pekerjaan.

Menanggapi temuan dari riset State of Sales, Iman Muhammad, Regional Vice President and Country Director, Salesforce Indonesia mengatakan, “Ekspektasi pelanggan yang terus berkembang membuat para tenaga penjual di Indonesia harus mencari lebih banyak waktu untuk lebih bisa memahami dan membangun hubungan yang mendalam dengan pelanggan. AI memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjual, memberi mereka lebih banyak waktu untuk memperdalam hubungan dengan pelanggan.”

Iman menambahkan, “Agar tim sales bisa berhasil menerapkan AI, perusahaan harus menangani inti dari efektivitas AI dengan menyatukan data yang bisa diakses di satu platform tepercaya dan membangun AI dalam alur kerja untuk memaksimalkan produktivitas.”

###

Metode Penelitian

Salesforce melakukan survei anonim sebanyak dua kali terhadap 5.500 tenaga penjual pada tanggal 8 Maret dan 18 April 2024. Para responden berasal dari 27 negara di seluruh Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Pasifik, dan Eropa. Metodologi tambahan dan detail demografi survei dapat ditemukan dalam laporan.

Untuk informasi lebih lanjut:

  • Baca berita di redaksi untuk detail dan analisis lebih lanjut
  • Unduh laporan State of the Sales selengkapnya

Tentang Salesforce

Salesforce memberikan solusi bagi perusahaan dari berbagai skala dan industri untuk terhubung dengan pelanggan mereka dengan cara yang serba canggih berkat kekuatan AI + data + CRM.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Salesforce (NYSE: CRM), kunjungi: www.salesforce.com.

Berita Terkait

Galaxy A06 5G, Hape Dua Jutaan Gaming Lancar dan Makin Aman
Jakarta Bergetar, Ribuan Biker AEROX Banjiri Ruas Jalan Kota di Malam Hari
Beromset Rp100 Juta Per Bulan, Ini Kisah Lilis Bangun Rumah Impian dari Usaha Ternak Cacing
Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik, Indosat Ooredoo Hutchison Gelar Ekspedisi Jaringan Andal
Pertamina – Pindad Jalin Kerja Sama Tumbuhkan Ekosistem Industri Migas
Suzuki Sigap Tawarkan Solusi Free Towing Sebagai Wujud Kepedulian Terdampak Banjir di Bekasi
Samsung Galaxy S25 Series Bisa Ubah Foto, Teks, Sketsa Jadi Gambar
Sempat Ditutup, Jalur Kereta Api Antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kembali Dibuka

Berita Terkait

Rabu, 12 Maret 2025 - 16:58 WIB

Galaxy A06 5G, Hape Dua Jutaan Gaming Lancar dan Makin Aman

Rabu, 12 Maret 2025 - 16:02 WIB

Jakarta Bergetar, Ribuan Biker AEROX Banjiri Ruas Jalan Kota di Malam Hari

Rabu, 12 Maret 2025 - 15:21 WIB

Beromset Rp100 Juta Per Bulan, Ini Kisah Lilis Bangun Rumah Impian dari Usaha Ternak Cacing

Selasa, 11 Maret 2025 - 14:41 WIB

Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik, Indosat Ooredoo Hutchison Gelar Ekspedisi Jaringan Andal

Selasa, 11 Maret 2025 - 12:56 WIB

Pertamina – Pindad Jalin Kerja Sama Tumbuhkan Ekosistem Industri Migas

Senin, 10 Maret 2025 - 15:57 WIB

Suzuki Sigap Tawarkan Solusi Free Towing Sebagai Wujud Kepedulian Terdampak Banjir di Bekasi

Senin, 10 Maret 2025 - 10:10 WIB

Samsung Galaxy S25 Series Bisa Ubah Foto, Teks, Sketsa Jadi Gambar

Minggu, 9 Maret 2025 - 17:15 WIB

Sempat Ditutup, Jalur Kereta Api Antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kembali Dibuka

Berita Terbaru