Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Digelar Di Jakarta, Singkap Potensi Pertumbuhan Baru Industri Teknologi Finansial

Rabu, 31 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[Indonesia, Jakarta, 31 Mei 2023] Huawei, penyedia solusi TIK terkemuka dunia, menggandeng Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menggelar Huawei Cloud Indonesia FinTech Summit dengan mengangkat tema “Unlocking New Growth in FinTech with Huawei Cloud”. Lebih dari 80 perwakilan perusahaan fintech, mitra, regulator, serta kalangan perbankan akan berpartisipasi dalam diskusi untuk mengakselerasi inklusi keuangan digital di Indonesia.

Pada gelaran tersebut, Huawei Cloud, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta sejumlah perusahaan jasa keuangan meluncurkan inisiatif baru terkait Program Inovasi Keuangan Digital Indonesia. Melalui inisiatif tersebut diusung misi bersama untuk mengeksplorasi dan menyelenggarakan inkubasi berbagai layanan dan solusi keuangan digital terbaru, memperkuat kerja sama antar perusahaan fintech, mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta memperkuat ekosistem keuangan digital di Tanah Air.

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Digelar di Jakarta, Singkap Potensi Pertumbuhan Baru Industri Teknologi Finansial 2
James Zhang, CEO of Huawei Cloud Indonesia

James Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia, dalam sambutannya menekankan bahwa “Huawei Cloud bertujuan untuk menjadi pemimpin generasi cloud baru.  Membangun fondasi cloud yang kokoh adalah inisiatif utama untuk mencapai visi kami.  Kami bermaksud menjadi kontributor yang kuat untuk transformasi digital Indonesia melalui pusat data lokal, layanan lokal, dan ekosistem lokal kami.”

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Digelar di Jakarta, Singkap Potensi Pertumbuhan Baru Industri Teknologi Finansial 3
Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK

Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, mengatakan, “OJK menargetkan indeks inklusi keuangan Indonesia mencapai level 90% pada tahun ini dan membangun ekosistem digital keuangan merupakan cara paling efektif merealisasikan target tersebut. Kami mengapresiasi kontribusi perusahaan teknologi seperti Huawei yang terlibat dalam pengembangan inovasi keuangan digital di Indonesia.”

“Guna memitigasi risiko yang terdapat di cloud, salah satu elemen krusial yang perlu diperhatikan oleh perusahaan jasa keuangan adalah kelengkapan kerangka program manajemen risiko dan pengawasan yang ditawarkan oleh penyedia cloud. Kerangka program tersebut meliputi uji tuntas (due diligence) dan monitoring, metrik evaluasi performa, keamanan, kontrol risiko dan perencanaan tanggap darurat,” Bambang menambahkan.

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Digelar di Jakarta, Singkap Potensi Pertumbuhan Baru Industri Teknologi Finansial 4
Satwika Daksawardhana, Vice President PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC)

Satwika Daksawardhana, Vice President PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) mengatakan, “Salah satu strategi BNC adalah bekerja sama dengan para mitra untuk melayani beragam nasabah. Kami menyadari bahwa strategi ini memiliki risiko keamanan yang dapat memperlambat interasi dan mengakibatkan terbangunnya arsitektur teknologi yang tidak fleksibel. Namun, BNC sangat beruntung memiliki mitra yang andal dan tepercaya, Huawei Cloud, yang mampu memastikan semua proses dapat berjalan dengan mulus.”

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Digelar di Jakarta, Singkap Potensi Pertumbuhan Baru Industri Teknologi Finansial 5
James Huang, Direktur Global Fintech Solution Huawei Cloud

Dalam sambutannya, James Huang, Direktur Global Fintech Solution Huawei Cloud, menyatakan, “Huawei Cloud telah memiliki pengalaman panjang selama bertahun-tahun dalam menyediakan layanan kepada pelanggan dari sektor keuangan di seluruh dunia. Dengan data center yang berada di berbagai lokasi utama di dunia, Huawei Cloud menawarkan layanan full-stack cloud dan platform kerja sama berkualitas tinggi yang menjadikannya sebagai pilihan ideal bagi seluruh penyedia layanan keuangan yang membutuhkan mitra cloud yang andal dan tepercaya.”

Dengan moto layanan “Everything-as-Service” yang menegaskan komitmennya untuk senantiasa mendukung pertumbuhan digital, Huawei Cloud menawarkan kepada perusahaan fintech layanan-layanan komputasi, penyimpanan, dan jaringan sumber daya dari jaringan global tunggal, serta fitur layanan terdepan yang di dalamnya terdapat konvergensi pengolahan big data dengan teknologi kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI). Selain itu, Huawei Cloud juga menyediakan solusi keuangan digital di sejumlah kategori berikut:

1.    Inovasi tangkas: aplikasi cloud-native Huawei Cloud yang mampu membantu perusahaan fintech dalam menangani transaksi dalam jumlah besar di tengah persaingan bisnis yang ketat.

2.    Pengelolaan risiko cerdas: Konvergensi big data dan teknologi AI menciptakan kontrol risiko yang lebih cerdas pada bisnis pinjaman dalam jumlah kecil untuk mengurangi potensi kredit macet.

3.    Solusi operasional cerdas: Huawei Cloud menawarkan solusi operasional cerdas, seperti call center, untuk membantu perusahaan fintech dalam meningkatkan akuisisi nasabah dan retensi.

4.    Kepatuhan dan keamanan: Huawei Cloud memiliki lebih dari 100 sertifikasi keamanan dan kepatuhan yang dapat membantu mitra fintech memenuhi kepatuhan dan regulasi. Solusi Huawei Cloud Geo-Redundant Disaster Recovery (DR) memiliki level keamanan yang tinggi bagi data nasabah yang tersimpan di cloud.  

Melalui deretan lini produk yang unggul, serta dukungan profesional yang berkesinambungan, Huawei Cloud menawarkan pengalaman layanan cloud terbaik dan produktif bagi perusahaan fintech.

Dengan fondasi teknologi cloud tercanggih di industri, serta dilengkapi solusi keuangan digital yang komprehensif, Huawei Cloud berkomitmen untuk bekerja sama dengan perusahaan fintech dan regulator guna meningkatkan dan memperkuat inklusi keuangan digital, sekaligus melakukan suntikan energi baru ke ekonomi digital di Indonesia.  

–SELESAI–

Tentang Huawei

Didirikan pada tahun 1987, Huawei adalah perusahaan penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan perangkat pintar terkemuka global. Kami memiliki 207.000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 170 negara dan wilayah, melayani lebih dari tiga miliar orang di seluruh dunia.

Visi dan misi kami adalah menghadirkan digital ke setiap orang, rumah, dan organisasi untuk dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas. Untuk tujuan ini, kami akan bekerja menuju konektivitas di mana-mana dan akses jaringan yang inklusif, meletakkan dasar bagi dunia yang cerdas; menyediakan daya komputasi yang beragam di mana pun Anda membutuhkannya, kapan pun Anda membutuhkannya, untuk menghadirkan cloud dan kecerdasan ke keempat penjuru bumi; membangun platform digital untuk membantu semua industri dan organisasi menjadi lebih gesit, efisien, dan dinamis; dan mendefinisikan ulang pengalaman pengguna dengan AI, menjadikannya lebih cerdas dan lebih personal bagi orang-orang di semua aspek kehidupan mereka, baik di rumah, di perjalanan, di kantor, di waktu senggang, atau saat berolahraga.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Huawei di www.huawei.com atau ikuti akun sosial media kami di:

https://www.facebook.com/huaweiforindonesia/

https://www.instagram.com/huaweiforindonesia/

http://www.huawei.com/minisite/explore-indo/en/

Berita Terkait

Jokowi dan Iriana Tinjau Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu Bogor
Kalahkan Filipina 2-0, Indonesia Lolos ke Babak Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Turunkan Angka Stunting, Jokowi Tekankan Pentingnya Konsolidasi Seluruh Pihak
Jokowi: Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta
HUT HIPMI ke-52, Jokowi Tekankan Persiapan Menuju Indonesia Emas 2045
Prabowo Subianto Tegaskan Kemerdekaan Palestina Solusi Riil Konflik Gaza
Menteri Pertanian Klaim Stok Bahan Pangan Jelang Idul Adha 1445 H Aman
Jokowi: Investasi di IKN Nusantara adalah Membeli Masa Depan

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:37 WIB

Jokowi dan Iriana Tinjau Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu Bogor

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:00 WIB

Kalahkan Filipina 2-0, Indonesia Lolos ke Babak Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:22 WIB

Turunkan Angka Stunting, Jokowi Tekankan Pentingnya Konsolidasi Seluruh Pihak

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:21 WIB

Jokowi: Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:19 WIB

HUT HIPMI ke-52, Jokowi Tekankan Persiapan Menuju Indonesia Emas 2045

Rabu, 12 Juni 2024 - 04:44 WIB

Prabowo Subianto Tegaskan Kemerdekaan Palestina Solusi Riil Konflik Gaza

Kamis, 6 Juni 2024 - 23:30 WIB

Menteri Pertanian Klaim Stok Bahan Pangan Jelang Idul Adha 1445 H Aman

Selasa, 4 Juni 2024 - 22:10 WIB

Jokowi: Investasi di IKN Nusantara adalah Membeli Masa Depan

Berita Terbaru