Kolaborasi Admedika dan Great Eastern Life Indonesia Luncurkan AdClaim Optimalisasi Layanan BPJS

Rabu, 5 Maret 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Warning: mysqli_query(): (HY000/1114): The table ‘(temporary)’ is full in /home/u6998656/public_html/wp-includes/class-wpdb.php on line 2345

Menyederhanakan prosedur klaim dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan, sehingga peserta dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan nyaman.

Direktur Marketing AdMedika  Muhammad Nasrun Ihsan (paling kiri), CEO AdMedika Dian Prambini (kedua dari kiri), Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia Daniel Herjun Putranto (kedua dari kanan), dan Head of Operations Division Great Eastern Life Indonesia dr. Steven Setiawan (paling kanan) saat meresmikan kerjasama AdClaim antara Admedika dan Great Eastern Life Indonesia, beberapa waktu yang lalu.

Jakarta, 5 Maret 2025 – Asuransi swasta berperan sebagai pelengkap penting dalam memberikan perlindungan finansial yang lebih optimal bagi peserta, terutama untuk layanan kesehatan yang belum sepenuhnya ditanggung oleh BPJS. Sejalan dengan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mempersiapkan regulasi terbaru terkait skema Coordination of Benefit (CoB) guna meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan klaim antara BPJS Kesehatan dan asuransi swasta. Meskipun skema CoB menawarkan potensi efisiensi, implementasinya masih menghadapi tantangan, seperti kompleksitas administrasi dan keterbatasan koordinasi antar pemangku kepentingan. Untuk menjawab tantangan ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan solusi yang lebih terintegrasi melalui AdClaim Optimalisasi BPJS.

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pembayaran klaim asuransi kesehatan per kuartal III-2024 mencapai Rp20,91 triliun, meningkat 37,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,24 triliun. Peningkatan ini disebabkan oleh beberapa faktor utama, seperti inflasi medis, yang mengacu pada kenaikan biaya pelayanan kesehatan dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan. Inflasi medis mengacu pada kenaikan biaya pelayanan kesehatan dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan, sementara overtreatment merupakan pemberian layanan medis yang berlebihan, yang berdampak pada naiknya klaim asuransi dan tekanan finansial bagi perusahaan asuransi. Di sisi lain, BPJS Kesehatan telah mencakup 276,52 juta jiwa atau 98,19% dari total penduduk Indonesia.

Great Eastern Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi pertama yang menerapkan skema program ini bersama AdMedika, menandai langkah inovatif dalam industri asuransi kesehatan di Indonesia. Metode layanan ini menyederhanakan prosedur klaim dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan dengan BPJS sebagai first payor, sehingga peserta dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan nyaman.

Layanan AdClaim ini akan memberikan nilai tambah dari layanan eksisting yang dimiliki klien Great Eastern Life Indonesia karena akan memberikan manfaat penggunaan BPJS sebagai first payor sehingga akan mengoptimalkan benefit BPJS peserta, di mana selisih biaya yang tidak ditanggung BPJS karena adanya kenaikan kelas kamar akan dibebankan kepada asuransi.

Kerja sama ini merupakan satu langkah inovasi AdMedika sebagai TPA & B2B Digital Health yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi, dengan tetap memperhatikan kenyamanan peserta sesuai dengan tagline AdMedika, yaitu Total Health Solution.

CEO AdMedika Dian Prambini  menyampaikan, “AdMedika siap mendukung dan bekerja sama untuk mewujudkan layanan kesehatan yang lebih baik, efisien, cepat, dan transparan bagi peserta. Dengan harapan kita bisa menjadi salah satu pioneer untuk mewujudkan himbauan dari OJK dan himbauan dari Kemenkes, karena kerja sama ini terwujud tidak hanya untuk mewujudkan efisiensi melainkan juga untuk kenyamanan peserta sehingga pelayanan dapat diberikan secara optimal.”

Sebagai perusahaan asuransi yang mengutamakan kenyamanan nasabah dengan pemanfaatan teknologi digital, Great Eastern Life Indonesia terus menghadirkan solusi perlindungan kesehatan yang lebih mudah diakses dan efisien. Kemitraan dengan AdMedika memberikan nasabah akses ke jaringan fasilitas kesehatan yang luas serta pengalaman klaim yang lebih seamless tanpa hambatan administratif.

AdMedika sendiri telah bekerja sama dengan lebih dari 8.400 jaringan fasilitas kesehatan, baik di Indonesia maupun luar negeri, termasuk di Malaysia, Singapura, India, dan China. Dengan lebih dari 5,3 juta anggota, AdMedika terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi untuk memastikan pengelolaan klaim lebih cepat, akurat, dan transparan. Hingga saat ini, AdMedika juga telah mendukung Great Eastern Life Indonesia dalam proses kerjasama layanan GREATHealth+ dengan beberapa rumah sakit untuk memberikan solusi perlindungan kesehatan lebih komprehensif bagi nasabah.

Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia Daniel Herjun Putranto menambahkan, “Teknologi memainkan peran penting dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi nasabah. Kemitraan dengan AdMedika memungkinkan kami meningkatkan pengalaman layanan yang lebih seamless, sehingga nasabah dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan nyaman.”

Melalui kerja sama ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika berkomitmen menghadirkan inovasi layanan kesehatan yang memprioritaskan kemudahan, efisiensi, dan kenyamanan bagi nasabah.

Berita Terkait

Galaxy A06 5G, Hape Dua Jutaan Gaming Lancar dan Makin Aman
Jakarta Bergetar, Ribuan Biker AEROX Banjiri Ruas Jalan Kota di Malam Hari
Beromset Rp100 Juta Per Bulan, Ini Kisah Lilis Bangun Rumah Impian dari Usaha Ternak Cacing
Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik, Indosat Ooredoo Hutchison Gelar Ekspedisi Jaringan Andal
Pertamina – Pindad Jalin Kerja Sama Tumbuhkan Ekosistem Industri Migas
Suzuki Sigap Tawarkan Solusi Free Towing Sebagai Wujud Kepedulian Terdampak Banjir di Bekasi
Samsung Galaxy S25 Series Bisa Ubah Foto, Teks, Sketsa Jadi Gambar
Sempat Ditutup, Jalur Kereta Api Antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kembali Dibuka

Berita Terkait

Rabu, 12 Maret 2025 - 16:58 WIB

Galaxy A06 5G, Hape Dua Jutaan Gaming Lancar dan Makin Aman

Rabu, 12 Maret 2025 - 16:02 WIB

Jakarta Bergetar, Ribuan Biker AEROX Banjiri Ruas Jalan Kota di Malam Hari

Rabu, 12 Maret 2025 - 15:21 WIB

Beromset Rp100 Juta Per Bulan, Ini Kisah Lilis Bangun Rumah Impian dari Usaha Ternak Cacing

Selasa, 11 Maret 2025 - 14:41 WIB

Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik, Indosat Ooredoo Hutchison Gelar Ekspedisi Jaringan Andal

Selasa, 11 Maret 2025 - 12:56 WIB

Pertamina – Pindad Jalin Kerja Sama Tumbuhkan Ekosistem Industri Migas

Senin, 10 Maret 2025 - 15:57 WIB

Suzuki Sigap Tawarkan Solusi Free Towing Sebagai Wujud Kepedulian Terdampak Banjir di Bekasi

Senin, 10 Maret 2025 - 10:10 WIB

Samsung Galaxy S25 Series Bisa Ubah Foto, Teks, Sketsa Jadi Gambar

Minggu, 9 Maret 2025 - 17:15 WIB

Sempat Ditutup, Jalur Kereta Api Antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kembali Dibuka

Berita Terbaru