Logitech: Tiga Alasan Pentingnya Webcam Kelas Bisnis Bagi Ruang Kerja Pribadi

Jumat, 26 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, 26 Mei 2023 – Ketika pertemuan langsung sangat dibatasi selama masa pandemi kemarin, konferensi video telah membantu banyak sekali bisnis di seluruh dunia untuk tetap mengadakan pertemuan, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan karyawan, pelanggan, serta mitra secara langsung tanpa harus bertatap muka. Para pelaku bisnis juga tetap dapat menyelenggarakan webinar, pelatihan, wawancara, promosi penjualan, dan percakapan penting lainnya melalui platform virtual.  

Di Indonesia, penggunaan konferensi video juga telah meningkat seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dari jarak jauh selama pandemi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat bahwa penggunaan aplikasi telekonferensi meningkat pesat hingga 443 persen saat pandemi.

Dengan semakin melekatnya penggunaan konferensi video dalam kehidupan saat ini, masyarakat cenderung berinvestasi pada peralatan berkualitas tinggi, seperti webcam bisnis untuk meningkatkan kualitas pengalaman konferensi video mereka. Hal ini sangat penting, terutama bagi orang-orang yang masih bekerja dari jarak jauh.

Namun, perangkat standar seperti kamera bawaan laptop tidak selalu menjadi pilihan terbaik, karena terkadang alat ini belum mampu memberikan kinerja dan kemampuan optimal ketika melakukan video meeting. Menurut penelitian global Logitech baru-baru ini yang melihat bagaimana pengalaman kolaborasi jarak jauh di antara pekerja yang bekerja dari rumah dan hanya menggunakan perangkat computing standar, 63% responden mengungkapkan bahwa mereka merasa tidak tampil maksimal di depan kamera, atau tidak sesuai dengan penampilan mereka di dunia nyata. Maka dari itu, karyawan yang sering melakukan konferensi video harus mempertimbangkan webcam kelas bisnis yang menawarkan fitur-fitur canggih, antara lain dapat melakukan penyesuaian untuk kondisi cahaya yang buruk dan memberikan sudut pandang video meeting yang lebih baik.

Memberikan pengalaman meeting yang unggul dengan webcam bisnis  

Bayu Eko Susetio, B2B Lead Logitech Indonesia mengatakan, “Beberapa orang mungkin bertanya ‘haruskah saya membeli webcam bisnis jika komputer atau laptop saya sudah menyediakannya?’ Di luar keterbatasan kamera bawaan yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamera bawaan terbaik pun tidak dapat dibandingkan dengan webcam bisnis yang berkualitas, terutama yang dibuat khusus untuk kebutuhan bekerja.”

Oleh karena itu, Logitech membagikan tiga alasan mengapa webcam bisnis sangat cocok untuk para karyawan atau profesional, terutama di era kerja modern saat ini:

Pertama, membantu karyawan untuk terlihat dan terdengar dengan baik. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas video pekerja selama rapat. Mulai dari kondisi pencahayaan yang buruk hingga lingkungan yang bising, masalah-masalah ini merupakan gangguan yang dapat mempengaruhi partisipasi karyawan dan kualitas rapat. Sebagai contoh, bagi orang-orang yang sangat peduli dengan penampilan mereka dalam video, kamera berkualitas unggul dapat membantu mereka merasa lebih percaya diri.   

“Webcam bisnis berkualitas tinggi dapat menjadi solusi untuk mengatasinya karena telah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti resolusi 4K atau 1080p dan kemampuan untuk secara otomatis menyesuaikan pencahayaan yang buruk, sehingga karyawan merasa percaya diri dimanapun mereka menggunakan video. Fitur penyesuaian tampilan juga berguna untuk memfokuskan diri dan meminimalisir gangguan latar belakang atau, sebaliknya, menangkap seluruh pemandangan saat dibutuhkan. Beberapa webcam bisnis juga dilengkapi dengan mikrofon peredam bising yang dapat menangkap audio dengan jelas bahkan di lingkungan yang ramai, sehingga karyawan dapat dengan nyaman melakukan panggilan dan berpartisipasi dalam rapat video kapan saja, di mana saja,” tambah Bayu.

Kedua, menghadirkan rapat virtual yang inklusif. Kesempatan untuk dilihat, didengar, dilibatkan, dan dihargai secara setara dalam meeting virtual terlepas dimanapun mereka bekerja sangat penting dalam lingkungan kerja remote atau jarak jauh. Saat ini, online meeting telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan sehari-hari karena karyawan dapat melakukan panggilan dari lokasi yang berbeda dan membuat penggunaan webcam bisnis menjadi semakin penting. Ketika karyawan jarak jauh terlihat dan terdengar dengan baik, mereka akan dapat merasakan kesetaraan dengan rekan-rekan mereka yang bekerja di kantor dan berpartisipasi dengan lebih baik dalam rapat video, sehingga membuat kolaborasi di dalam ruang rapat menjadi lebih inklusif.  

Sebagai contoh, perusahaan konsultan IT yang berkantor pusat di Los Angeles, California, SADA Systems, Inc (SADA), mengandalkan kombinasi Logitech ConferenceCam dan webcam untuk memungkinkan komunikasi yang efektif di antara para karyawan agar dapat mengadakan rapat pre-sales, rapat internal, dan rapat tim development kapan saja.Berkat fitur video HD yang luar biasa dan kualitas audio yang superior, SADA dapat terhubung pada level yang jauh lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak manfaat dari meeting, membantu untuk meningkatkan produktivitas, dan menghasilkan kesepakatan yang jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

Ketiga, integrasi yang tersertifikasi.  Webcam yang tersertifikasi untuk software konferensi video seperti Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom membantu memastikan integrasi yang mudah dan rapat yang bebas masalah. Meskipun sertifikasi mungkin bukan sesuatu yang terpikirkan oleh karyawan, namun sangat penting bagi tim IT perusahaan untuk memastikan bahwa perangkat bekerja dengan lancar bahkan di lokasi terpencil. Bahkan, banyak webcam juga dilengkapi dengan software manajemen jarak jauh untuk membantu tim IT meluncurkan pembaruan atau memecahkan masalah secara jarak jauh. Webcam bisnis yang tersertifikasi akan memiliki keamanan yang lebih baik dalam jangka panjang dan membuat penggunaan konferensi video menjadi lebih mudah.

Webcam bisnis berkualitas tinggi untuk meningkatkan pengalaman meeting Anda 

Logitech Brio 4K, webcam 4K premium untuk bisnis ini telah tersertifikasi resmi dengan Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, Skype for Business, dan platform populer lainnya. Dilengkapi dengan teknologi RightLight™ 3 dan high dynamic range (HDR), webcam ini secara otomatis menyesuaikan diri untuk membantu para karyawan terlihat profesional di lingkungan pencahayaan apa pun. Mikrofon omnidirectional ganda yang terintegrasi dengan teknologi peredam bising juga dapat membantu karyawan untuk terdengar alami dan jelas.  

Untuk video meeting yang jernih dan mulus, Brio 505, webcam Full HD 1080p plug-and-play telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu karyawan terlihat dan terdengar alami. Auto-framing RightSight menjaga kamera tetap berada di tengah sehingga karyawan dapat berdiri dan bergerak selama meeting tanpa meninggalkan frame atau video. Fitur lain seperti Show Mode dapat membantu karyawan untuk menunjukkan sketsa atau progres pekerjaan yang sedang berlangsung di meja kerja mereka dengan memiringkan kamera ke bawah. 

Webcam bisnis Logitech tentunya dilengkapi dengan garansi hardware selama 3 tahun untuk menambah rasa aman pengguna. Selain itu, kemampuan penggunaan webcam dapat ditingkatkan dengan aplikasi Logi Tune, sebuah aplikasi tambahan yang berguna untuk menyesuaikan pengaturan webcam seperti untuk mengontrol framing, menyesuaikan fokus, dan memilih preset warna. 

“Dengan adanya sebagian karyawan yang mulai kembali ke kantor, sementara yang lainnya tetap bekerja dari jarak jauh, dapat menjadi momen bagi para pemimpin IT untuk mempersiapkan dan melengkapi karyawan mereka ketika menghadapi lingkungan kerja yang dinamis. Logitech dapat menyediakan teknologi kelas bisnis yang mudah digunakan dan digunakan di mana saja, sehingga para pemimpin dapat memastikan bahwa mereka telah melakukan investasi teknologi jangka panjang yang baik dan berkualitas,” tutup Bayu.

###

Tentang Logitech

Logitech membantu semua orang mengejar keinginan mereka dengan merancang pengalaman sehingga setiap orang dapat berkreasi, mencapai sesuatu, dan menikmati dengan lebih baik. Logitech merancang dan menciptakan produk yang menyatukan orang melalui komputasi, game, video, streaming dan kreasi, serta musik. Merek Logitech termasuk Logitech, Logitech G, ASTRO Gaming, Streamlabs, Blue Microphones, Ultimate Ears and Jaybird.  Didirikan pada tahun 1981 dan berkantor pusat di Lausanne, Swiss, Logitech International adalah perusahaan public asal Swiss yang terdaftar di SIX Swiss Exchange (LOGN) dan di Nasdaq Global Select Market (LOGI). Temukan Logitech dan lebih banyak lagi produk kolaborasi videonya di www.logitech.com/vc,  blog perusahaan atau @LogitechVC.

Berita Terkait

Polri Sebut 5 Negara Ini Jadi Tujuan Penggelapan Kendaraan dari Indonesia
Kunjungan Kenegaraan Jokowi ke Abu Dhabi Hasilkan 8 Kesepakatan
Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed
Kapolri Antisipasi Tantangan Global dan Super Election Year, Siap Jaga Keamanan Indonesia
Soal Alokasi Tambahan Kuota Haji, Kemenag Berikan Penjelasan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir: Piala Presiden 2024 Siap Digelar
Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pertahanan
Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia 3-6 September 2024, Hadiri Misa Akbar di GBK Hingga Bertemu Jokowi

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:44 WIB

Kunjungan Kenegaraan Jokowi ke Abu Dhabi Hasilkan 8 Kesepakatan

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:43 WIB

Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:21 WIB

Kapolri Antisipasi Tantangan Global dan Super Election Year, Siap Jaga Keamanan Indonesia

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:54 WIB

Soal Alokasi Tambahan Kuota Haji, Kemenag Berikan Penjelasan

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:50 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Thohir: Piala Presiden 2024 Siap Digelar

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:49 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Senin, 15 Juli 2024 - 16:21 WIB

Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia 3-6 September 2024, Hadiri Misa Akbar di GBK Hingga Bertemu Jokowi

Senin, 15 Juli 2024 - 16:14 WIB

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Ketum PSSI Erick Thohir Bertemu, Pastikan Penyelenggaraan Piala Presiden Berjalan Aman dan Lancar

Berita Terbaru

Hukum

Divisi Humas Gelar Bhayangkara Presisi Bowling Cup

Kamis, 18 Jul 2024 - 20:24 WIB