SPKLU PLN Di Pelabuhan Merak Siap Layani Pemudik Mobil Listrik

Kamis, 13 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, 13 April 2023 – PT PLN (Persero) memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pelabuhan Merak, Banten siap melayani pengguna mobil listrik pada periode arus mudik dan balik lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah. Keberadaan SPKLU ini untuk memudahkan pemudik melakukan pengisian atau charging di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni atau sebaliknya.

Sarwan, salah seorang pengguna mobil listrik dari Jakarta yang hendak mudik ke Lampung ini sudah merasakan kemudahan dengan hadirnya SPKLU di Pelabuhan Merak.

“Sekarang saya merasa tenang saat mudik ke Lampung karena SPKLU ini tepat berada di tengah perjalanan perbatasan Jawa-Sumatera. Saya bisa charging mobil listrik sambil menunggu antrian masuk kapal penyeberangan,” ujar Sarwan.

Sarwan mengatakan, lebaran kali ini untuk pertama kali dirinya mudik menggunakan mobil listrik, setelah sebelumnya selalu menggunakan mobil berbahan bakar bensin. Selain ramah lingkungan, Sarwan pun mengaku lebih hemat saat menggunakan mobil listrik.

Sarwan pun berharap SPKLU terus ditambah di rest area yang ada di sepanjang jalan tol lintas Sumatera untuk memudahkan pengguna mobil listrik.

“Sehingga secara bertahap jumlah masyarakat yang memakai mobil listrik akan meningkat  dengan adanya infrastruktur titik SPKLU yang semakin bertambah banyak dan kemudahan dan ringannya biaya saat akan mudik menggunakan mobil listrik,” harap Sarwan.

Kemudahan juga dirasakan Asep, pengguna SPKLU lainnya, yang merasa terbantu dengan kehadiran SPKLU di rest area jalan tol hingga dermaga Pelabuhan Merak Banten.

“Sangat terbantu sekali pak, karena lebih mudah aku untuk charge mobil listrik ini. Karena aku terbiasa dengan mobil listrik dan hemat banget biayanya untuk charge murah banget dibandingkan mobil konvensional atau bensin biasa,” kata Asep.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN memastikan SPKLU siap melayani dan memudahkan para pengguna kendaraan listrik selama periode lebaran. PLN telah menyiapkan sebanyak 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi di seluruh Indonesia yang siap melayani pengguna mobil listrik.

“Kami siap mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik agar tetap nyaman saat mudik. Seluruh SPKLU siap untuk melayani pengguna mobil listrik saat mudik,” ujar Darmawan.

Termasuk di antaranya SPKLU di Pelabuhan Merak agar pemudik dengan mobil listrik yang ingin menyeberang menuju Bakauheni atau sebaliknya tak perlu khawatir melakukan pengisian daya. SPKLU di Pelabuhan Merak ini merupakan jenis fast charging dengan kapasitas 50 kilo Watt (kW).

Selain itu, untuk memudahkan pengguna mobil listrik saat periode mudik juga, ada 9 SPKLU tersebar di rest area sepanjang tol Trans Jawa dan 6 SPKLU di rest area tol Trans Sumatera.

“Para pemudik dengan mobil listrik kini tidak perlu khawatir kehabisan daya dan dapat melakukan charging saat mudik, SPKLU PLN tersebar di titik-titik strategis jalur mudik,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis mengatakan, selain di Merak, PLN juga menyiapkan 12 SPKLU bagi pemudik mobil listrik yang melintasi wilayah Provinsi Banten. Ke-12 SPKLU ini tersebar di Sosoro Mall, PLN UP3 Banten Utara, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Terrace 8 Suvarna Sutera, PLN UP3 Cikupa, dan Mall Ciputra Tangerang.

Kemudian, SPKLU juga tersedia di Supermall Karawaci, Apartemen Aeropolis, Tangerang City, PLN UID Banten, AEON, dan di Rest Area Pinang KM 13,5.

“PLN UID Banten bersiaga 24 jam selama periode mudik lebaran. Selain itu, kami siap mendukung pemudik dengan kendaraan listrik agar tetap nyaman dengan bersiaga pada 12 titik SPKLU yang tersebar di Provinsi Banten,” ungkap Abdul Muklis.

Abdul Mukhlis mengatakan, untuk menambah kenyamanan pemudik dengan mobil listrik, pengguna juga dapat mengetahui lokasi SPKLU melalui PLN Mobile.

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Berita Terkait

Masyarakat Diajak Memantau Rekapitulasi Penghitungan Suara
Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan Mas AHY Jadi Menteri ATR/Kepala BPN
Jokowi Tegaskan Bantuan Pangan Bulog Merupakan Solusi Hadapi Kenaikan Harga
Jokowi: Perpres Publisher Rights Upaya Pemerintah Wujudkan Jurnalisme Berkualitas
Perpres 32/2024 tentang Publisher Rights
Jokowi Terbitkan Perpres Publisher Rights
HPN 2024, Jokowi Sampaikan Dua Pesan untuk Insan Pers Indonesia
Jokowi: Kualitas SDM Hakim Kunci Sistem Peradilan

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 23:35 WIB

Masyarakat Diajak Memantau Rekapitulasi Penghitungan Suara

Rabu, 21 Februari 2024 - 12:18 WIB

Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan Mas AHY Jadi Menteri ATR/Kepala BPN

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:36 WIB

Jokowi Tegaskan Bantuan Pangan Bulog Merupakan Solusi Hadapi Kenaikan Harga

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:35 WIB

Jokowi: Perpres Publisher Rights Upaya Pemerintah Wujudkan Jurnalisme Berkualitas

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:09 WIB

Perpres 32/2024 tentang Publisher Rights

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:07 WIB

Jokowi Terbitkan Perpres Publisher Rights

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:06 WIB

HPN 2024, Jokowi Sampaikan Dua Pesan untuk Insan Pers Indonesia

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:12 WIB

Jokowi: Kualitas SDM Hakim Kunci Sistem Peradilan

Berita Terbaru