Bank Commonwealth Gandeng Bukalapak Tingkatkan Literasi Keuangan Pengusaha Perempuan

Jumat, 8 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bank Commonwealth terus memperkuat komitmennya untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia, khususnya pengusaha perempuan. Melalui program Wanita Indonesia Srikandi Ekonomi (WISE) yang bekerja sama dengan sejumlah mitra, Bank Commonwealth telah menjangkau 160.000 pengusaha perempuan sampai dengan tahun 2023.

WISE yang diluncurkan pada tahun 2014 adalah program literasi dan inklusi keuangan untuk pengusaha perempuan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial perempuan Indonesia melalui suatu program yang terpadu dan berkesinambungan. Menyasar pengusaha perempuan  kecil dan menengah, program WISE dilakukan melalui workshop tatap muka dan virtual.

Head of Corporate Communication & Financial Inclusion Bank Commonwealth Bayu Irawan mengatakan, “Kami percaya perempuan merupakan kelompok penting dalam perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, perempuan perlu memiliki literasi keuangan sehingga mampu mengambil keputusan keuangan yang tepat. Dan kami sangat senang melihat semakin banyak perempuan Indonesia yang pandai mengatur keuangan, baik untuk pribadi maupun usaha.”

Selama lima tahun terakhir, Bank Commonwealth menggandeng PT Bukalapak.com Tbk melalui anak usahanya PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) untuk program WISE Srikandi yang menyasar anggota komunitas Srikandi Bukalapak, anggota komunitas HaiBolu, serta penjual dan pembeli Bukalapak.

“Bank Commonwealth dan Bukalapak memiliki semangat yang sama untuk pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya pengusaha perempuan. Kami juga gembira karena komunitas Srikandi Bukalapak semain meluas dengan bergabungnya komunitas HaiBolu. Selama 5 tahun terakhir kami telah berhasil menjangkau 50.000 pengusaha perempuan dalam kerja sama ini,” tambah Bayu.

Sepanjang tahun 2023, WISE mengadakan rangkaian sesi workshop yang memberikan edukasi terkait topik perencanaan dan pengelolaan keuangan bagi pengusaha perempuan dengan pembicara dari Bank Commonwealth. Materi meliputi pentingnya manajemen keuangan, strategi mengelola keuangan usaha, hal yang perlu diperhatikan dalam keuangan usaha, jenis-jenis biaya, sumber modal usaha, serta prinsip untuk pinjaman modal usaha dari bank.

Selain itu, workshop juga menghadirkan pembicara tamu yang membahas berbagai topik seputar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), misalnya digital advertising, social media storytelling, digital marketing, foto katalog, live streaming, dan lain sebagainya.

Sektor UMKM dapat menjadi pintu masuk perempuan agar lebih berdaya. Berdasarkan laporan UN Women 2023, satu dari tiga UMKM di dunia dimiliki oleh perempuan. Bahkan sejumlah 64 persen pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan.

Meski demikian, pengusaha perempuan masih menghadapi banyak hambatan guna mengembangkan usahanya, termasuk rendahnya tingkat literasi keuangan. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan perempuan baru 50,33%, meskipun angka ini masih lebih tinggi dari indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia secara keseluruhan yaitu 49,68 persen[1].

“Sebagai perusahaan teknologi dengan komitmen untuk memfasilitasi pemberdayaan seluruh UMKM, termasuk tentunya UMKM perempuan, BTB tentunya selalu antusias dan mengapresiasi kolaborasi dengan Bank Commonwealth untuk program WISE. Kami percaya bahwa melalui kolaborasi seperti ini, upaya untuk memperkuat kapabilitas UMKM Indonesia, yang merupakan penggerak ekonomi nasional, bisa menjadi semakin kuat dan efektif,” ujar Tine Ervina, Direktur Utama BTB.

###

Tentang PT Bank Commonwealth

PT Bank Commonwealth (PTBC) adalah anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1997, di mana CBA merupakan salah satu kelompok usaha keuangan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Australia dan tercatat dalam Morgan Stanley Capital Global Index. Didukung oleh lebih dari 1.200 tenaga profesional di bidang perbankan, PTBC saat ini melayani nasabah di 18 kota di Indonesia.

PTBC menawarkan beragam solusi perbankan termasuk pinjaman rekening koran (overdraft) dan pinjaman berjangka (term loan) bagi SME, kredit pemilikan rumah (KPR), wealth management, pembukaan rekening tabungan secara digital dan menyeluruh, pinjaman kredit bisnis SME secara digital dan investasi reksa dana dengan fleksibilitas untuk menetapkan tanggal transaksi, fitur standing order, dan pembelian reksa dana melalui Internet Banking.

PTBC telah memecahkan lima rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui: (i) Aplikasi SmartWealth sebagai aplikasi digital perbankan pertama dengan layanan robo advisory; (ii) Aplikasi SmartWealth sebagai digital perbankan pertama yang mengintegrasikan informasi kepemilikan produk wealth management secara menyeluruh; (iii) e-Kiosk sebagai platform digital banking pertama di Indonesia dengan end-to-end onboarding (kartu ATM, Mobile Banking dan Internet Banking aktif) dalam waktu 10 menit; (iv) Produk KTA sebagai Kredit Tanpa Agunan Pertama yang Proses Pengajuannya secara Digital dan Mendapatkan Keputusan Seketika, dan (v) Mobile Banking Bank Commonwealth sebagai platform aplikasi Mobile Banking pertama dengan fitur investasi. PTBC juga menawarkan best in class customer experience melalui cabang berkapabilitas digital yang telah hadir di Jakarta (Kensington – Kelapa Gading, Puri Indah, PIK, Treasury Tower SCBD dan Pondok Indah), di Surabaya (Panglima Sudirman, Manyar, dan Bukit Darmo Golf), Bandung (Dago), dan juga Malang.

PTBC meraih berbagai penghargaan di antaranya Wealth Management Platform of the Year dalam Asian Banking & Finance Retail Banking Awards 2021; Best Wealth Manager Experience, Digital Initiatives dalam The Asset Triple A Private Capital Awards 2021 dan 2022 dan Best Wealth Manager – Highly Commended dalam The Asset Triple A Private Capital Awards 2022; Peringkat 1 dalam Bank Service Excellence Monitor 2018, 2019, 2020, dan 2023 dan Peringkat 2 dalam Bank Service Excellence Monitor 2021 dan 2022.

Sejak tahun 2014, PTBC memfokuskan kegiatan CSR melalui program WISE (Wanita Indonesia Srikandi Ekonomi). WISE adalah program literasi dan inklusi keuangan yang diluncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial perempuan Indonesia khususnya pengusaha perempuan melalui suatu program literasi keuangan yang terpadu dan berkesinambungan.

Pada tahun 2019, PTBC dan Mastercard menggandeng Mercy Corps Indonesia untuk membantu perempuan pengusaha UMKM Indonesia mendorong pertumbuhan bisnisnya melalui pendampingan bisnis secara digital dengan platform MicroMentor yang dapat diakses di id.micromentor.org.

Berita Terkait

KAI Gelar Rekrutmen Program Management Trainee Tahun 2024, Pendaftaran Dibuka Hingga 22 April 2024
OMODA & JAECOO Mencatat Peningkatan Sebesar 18% untuk Penjualan Global pada Bulan Maret 2024
Volume Lalin Pada H+5 Hari Raya Idulfitri 1445 H di Sejumlah Ruas Tol Regional Nusantara Tercatat Meningkat
Pertama Kali Beroperasi saat Lebaran, LRT Jabodebek Layani 255.428 Pengguna
Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15
Suzuki Indonesia Resmikan Product Quality Update untuk Model Jimny 3-Door untuk Jaga Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan
Indonesia AirAsia Angkut 310.000 Penumpang Selama Periode Arus Mudik Lebaran 2024
Survei Konsumen Maret 2024: Optimisme Konsumen Meningkat

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 19:44 WIB

KAI Gelar Rekrutmen Program Management Trainee Tahun 2024, Pendaftaran Dibuka Hingga 22 April 2024

Rabu, 17 April 2024 - 20:14 WIB

OMODA & JAECOO Mencatat Peningkatan Sebesar 18% untuk Penjualan Global pada Bulan Maret 2024

Rabu, 17 April 2024 - 18:23 WIB

Volume Lalin Pada H+5 Hari Raya Idulfitri 1445 H di Sejumlah Ruas Tol Regional Nusantara Tercatat Meningkat

Rabu, 17 April 2024 - 15:16 WIB

Pertama Kali Beroperasi saat Lebaran, LRT Jabodebek Layani 255.428 Pengguna

Rabu, 17 April 2024 - 15:00 WIB

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Selasa, 16 April 2024 - 17:28 WIB

Suzuki Indonesia Resmikan Product Quality Update untuk Model Jimny 3-Door untuk Jaga Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan

Selasa, 16 April 2024 - 17:00 WIB

Indonesia AirAsia Angkut 310.000 Penumpang Selama Periode Arus Mudik Lebaran 2024

Selasa, 16 April 2024 - 13:34 WIB

Survei Konsumen Maret 2024: Optimisme Konsumen Meningkat

Berita Terbaru

Batam

Pengamat: Pasangan Amsakar-Irwansyah Rapuh

Kamis, 18 Apr 2024 - 22:14 WIB